Domain

Domain + Hosting = Website.
Buat website Anda sekarang juga dengan domain www.namaanda.com.

Domain, secara istilah

Domain Name atau sering disebut dengan Domain saja, adalah sebuah nama unik. Domain digunakan untuk mengidentifikasi alamat atau IP address server komputer, bisa pada web server atau email server di internet.

Domain secara istilah sehari-hari merujuk pada alamat website tertentu yang hendak dituju.

“Apa alamat websitenya?” Google.com misal. Itu untuk mempermudah pengguna ketimbang memberikan angka angka alamat ini: … Yang keduanya sama-sama menuju pada halaman yang sama.

Domain juga bisa ditujukan sebagai brand atau merek produk tertentu.

Nah sekarang saatnya mendapatkan Dot Com pertama Anda: YourName.com.

Mengenal Top Level Domain

Saat ini terdapat setidaknya 3 tipe Top Level Domain / TLD. Klasifikasi ini merujuk pada Internet Assigned Numbers Authority (IANA).
Ketiganya adalah:
  1. Global TLD (gTLD),
  2. CountryTLD (cTLD), dan
  3. Infrastructure TLD.
Penggunaaan dari ketiganya pun berbeda.
Pemanfaatan yang berbeda dari masing-masing pada intinya untuk memisahkan makna rujukan yang pada akhirnya mewakili bidang-bidang tertentu yang ada pada pemilik nama website itu sendiri. Bahkan, harga domain juga berbeda dari masing-masing ekstensi.
Pengertian Top Level Domain atau TLD
Top Level Internet Domain atau TLD  merupakan rujukan kepada huruf-huruf terakhir setelah tanda titik dalam sebuah nama domain.
Misalnya www.google.com memiliki domain teratas .com (atau COM, karena nama domain tidak mempermasalahkan huruf besar atau kecil). – Wikipedia